Minggu, 05 Agustus 2012

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viiia Mts Nurul Ulum Jembayat Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2005/2006 Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Melalui Penggunaan Alat Peraga Model Pythagoras (A6)

BAB I PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
 erkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan semua pihak dapat memperoleh informasi secara menyeluruh, cepat dan mudah dari berbagai  sumber  dan  tempat  di  dunia.  Untuk  memperoleh,  memilih dan mengelola   informasi  yang  selalu   berubah,   tidak  pasti   dan kompetitif diperlukan  kemampuan dengan berpikir kritis, sistematis, logis, kreatif dan kemauan  bekerja   sama  yang   efektif.  Cara   berpikir   seperti ini  dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran matematika.

Mencermati  proses  pembelajaran  matematika  di  tingkat  SMP/MTs pada umumnya masih banyak yang menggunakan cara konvensional seperti ekspositori,    drill,           dan       ceramah. Kebanyakan guru     dalam kegiatan pembelajarannya  dimulai  dengan  ceramah,  menerangkan  pokok materi, memberikan  contoh  cara  menyelesaikan  soal  dan  memberi  tugas  rumah. Pembelajaran seperti ini dirasa peneliti masih ada kelemahan, terutama pada pembahasan  pokok-pokok  bahasan  yang  memerlukan penggunaan  media atau   alat  peraga. Pembelajaran model tersebut di atas dapat menimbulkan kejenuhan siswa.


MTs Nurul Ulum Jembayat sebagai tempat penelitian lokasinya berada di  daerah pedesaan, tepatnya di Dukuh Duren   desa Jembayat kecamatan Margasari  kabupaten Tegal. Sejak berdiri tahun 1983 hingga saat ini MTs telah  memiliki  15  rombongan  belajar  dengan  jumlah  guru sebanyak  29 orang.  Empat  dari  29  guru  yang  ada  adalah  pengampu mata  pelajaran matematika dan tiga diantaranya adalah guru yang memiliki latar belakang pendidikan matematika.  Hingga saat ini di MTs tempat peneliti  mengajar dan  melakukan  penelitian,  belum  memiliki alat-alat  peraga  untuk  mata pelajaran matematika. Ruang  laboratorium yang dimiliki digunakan untuk laboratorium IPA dan komputer.

Salah  satu  pokok  bahasan  dalam  mata  pelajaran  matematika kelas VIIIA  MTs di antaranya adalah teorema Pythagoras. Pada pokok bahasan ini, siswa dituntut dapat menggabungkan dan menerapkan materi geometri, yakni luas daerah segitiga, luas daerah persegi, dan perhitungan kuadrat dan akar kuadrat suatu bilangan. Pada pokok bahasan ini, banyak di antara siswa mengalami  kesulitan  dalam  memahami  dan  menyelesaikan soal-soalnya. Cakupan materi yang luas dari suatu pokok bahasan dan beban materi mata pelajaran   yang   cukup   banyak    menjadi   penyebab  keadaan   tersebut. Banyaknya   jenis    mata  pelajaran            yang      dibebankan kurikulum madrasah/sekolah  dan  kurangnya  alat  peraga yang berhubungan  dengan mata       pelajaran            matematika,     juga       ikut  mempengaruhi siswa             dalam menguasai materi pelajarannya.

Di samping hal-hal yang disebutkan di atas, ada beberapa hal lain yang berkaitan  dengan  keadaan  siswa  dalam  memahami  dan  menguasai suatu pokok bahasan, di antaranya adalah:
1.    kesiapan siswa saat mengikuti kegiatan  pembelajaran,
2.    kecenderungan siswa untuk belajar  pada saat menjelang ada ulangan atau tes saja,
3.          tingkat kemampuan siswa dalam penguasaan berbahasa Indonesia yang masih kurang, dan
4.    kurangnya  partisipasi  orang  tua/wali  murid  dalam  mendorong  serta memotivasi belajar di rumah.

Hal-hal     tersebut    di    atas    secara    langsung     maupun     tidak    langsung mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Pada tahun-tahun pelajaran sebelumnya, nilai rata-rata ulangan harian pokok  bahasan  teorema  Pythagoras  selalu  lebih  rendah  dibanding pokok bahasan  lainnya.  Salah  satu  penyebab  rendahnya  nilai  rata-rata tersebut adalah tidak  adanya alat-alat peraga yang mendukung proses pembelajaran dalam   materi   tersebut,   sehingga   siswa   sulit  memahami  konsep   dan menerapkannya  dalam   menyelesaikan  soal-soal  yang berkaitan  dengan pokok  bahasan  itu.  Oleh   karena   itu,  peneliti sebagai pengampu  mata pelajaran  matematika  pada   madrasah   tersebut merasa terpanggil  untuk mengatasi kesulitan  yang dialami  siswa dengan  cara mengusahakan  agar dalam         proses pembelajaran         dapat        mempergunakan alat-alat   peraga, khususnya pada pokok bahasan teorema Pythagoras.

Dalam proses  pembelajaran, penggunaan alat peraga yang memadai sangat  membantu  tingkat  pemahaman  siswa,  terutama  dalam memahami konsep sehingga siswa menjadi lebih jelas dalam memahami pokok bahasan tersebut.   Penggunaan   alat   peraga,   sebagai   gagasan  atau   ide   peneliti merupakan salah satu sarana pendukung dalam proses pembelajaran yang akan diterapkan pada penelitian ini.

Adapun   alasan   peneliti   tertarik   memilih   judul   tersebut   dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
1.      Peneliti  sebagai  guru  mata  pelajaran  matematika  merasa  terpanggil untuk memperbaiki keadaan itu.
2.      Selama ini peneliti sebagai guru mata pelajaran matematika di MTs tersebut belum pernah menggunakan alat peraga dalam menyampaikan materinya terutama materi teorema Pythagoras.
3.      Peneliti  ingin  membantu  meningkatkan  prestasi  belajar  siswa  pada mata  pelajaran  matematika  dengan  cara  menggunakan  alat  peraga dalam proses pembelajarannya.


Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar