Minggu, 05 Agustus 2012

Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Iklim Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Ii Smk Negeri 5 Semarang (A5)

BAB I
PENDAHULUAN

A Latar Belakang Masalah

Dari waktu ke waktu perkembangan  ilmu pengetahuan dan teknologi  makin pesat. Arus globalisasi semakin hebat. Akibat dari fenomena ini antara lain munculnya persaingan dalam  berbaga bidang  kehidupan diantarany bidang   pendidikanUntuk menghadapi tantangan berat ini dibutuhkan sumber daya  manusia yang berkualitas, salah satu cara yang ditempuh adalah melalui peningkatan mutu pendidikan.
Pemerintah telah berusaha melakukan perbaikan-perbaikan agar mutu  pendidikan meningkat,   diantaranya      dengan      perbaikan  kurikulum penataran bagi  guru-guru, pemyempurnaan  buku-buku pelajaran dan  penambahan  alat peraga.  Namun demikian mutu pendidikan yang dicapai belum seperti apa yang diharapkan. Perbaikan yang telah dilakukan pemerintah  tidak ada  artinya,  jika tanpa dukungan  dari  guru, orang tuas siswa, siswdan masyarakat yang turut serta dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Berbicara  tentang  mutu  pendidikan  tidak  akan  lepas  dari  kegiatan  belajar.  Hasil kegiatan  belajar  yang  diharapkan  adalah  prestasi  belajar  yang  baik.  Setiap  orang pasti mendambakan  prestasi belajar yang tinggi, baik orang tua,  siswa dan lebih-lebih bagi guru. Untuk  mencapai  prestasi  belajar  yang  optimal  tidak  lepas  dari  kondisi-kondisi  dimana kemungkina sisw dapa belaja denga efekti da dapamengembangka daya eksplorasinya baik fisik maupun psikhis.
Memperole prestas belaja yang   baik  tidakla mudah,   banya faktor   yang mempengaruhi. Faktor siswa memegang peranan dalam mencapai prestasi belajar yang baik, karena siswa yang melakukan  kegiatan belajar perlu  memiliki  karakter belajar dan disiplin belajar.
Sekolah merupakan lembaga formal sebagai wadah untuk kegiatan belajar mengajar. Agar proses belajar mengajar lancar, maka seluruh siswa harus mematuhi tata tertib dengan penuh  rasa  disipli yang  tinggi.  Disipli menurut  And Rasdiyanah  (1995:28)  adalah kepatuhan  untuk  menghormati  dan melaksanakan  suatu system  yang mengharuskan  orang untuk tunduk pada keputusan, perintah atau peraturan yang berlaku. Perilaku disiplin sangat diperlukan dalam pembinaan perkembangan anak untuk menuju masa depan yang lebih baik.
Kedisiplinan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah disiplin belajar. Oleh karena  itu betapa  pentingnya  disiplin  dalam  belajar.  Siswa  yang  memiliki  disiplin belajar aka menunjukka kesiapanny dala mengikut pelajara di   kelasmemperhatikan pelajaran guru, mengerjakan tugas dan memiliki kelengkapan belajar sepert buku dan alat- alat belajar lainnya
Belajar adalah suatu perubahan dalam kepribadian (Winkel, 1987:161), menyiratkan bahwa  hasil  belajar  itu  sangat  erat  degan  usaha  pembiasaan,  sedangkan  pembiasaan itu sendiri   berhasi ata tidakny tergantung   pad kemampua untuk  menciptaka atau memegang  teguh  kedisiplinan.  Jadi faktor  kedisiplinan  sangat  besar pengaruhnya  terhadap prestasi belajar siswa Selain disiplin belajar, prestasi belajar siswa dipengaruhi  oleh iklim sekolah. Iklim sekolah. Iklim sekolah merupakan  lingkungan belajar yang medorong prilaku positif  dan kepribadian  sama sehingga  menciptakan proses belajar mengajar  yang  optimal. Menurut   Larse (1987)  dala Moedjiart(2002:28 dijelaska bahw ikli sekolah merupakan suatu norma, harapan dan kepercayaan dari personil-personil yang terlibat dalam organisasi  sekolah  yang  dapat memberikan  dorongan  untuk  bertindak  guna  pencapaian prestasi sisawa yang tinggi.


Pada kenyataanya, berdasarkan hasil survei pendahuluan yang telah peneliti lakukan di SMK N 5 Semarang, terlihat bahwa tingkat kedisiplinan siswa SMK N 5 Khususnya siswa kelas II masih  kurang terbukti dari masih  seringnya  siswa-siswa  tersebut  terlambat masuk kelas,  banyaknya  siswa  yang  tidak  menyelesaikan  tugas  tepat  pada  waktunya dan  juga seringny par sisw SMK  N  5   yang   ter;iba tawura anta pelajar.  Selain  tingkat kedisiplinan  yang kurang,  kondisi  iklim sekolah di SMK N 5 juga peneliti anggap masing kurang pula, hal ini dapat  dilihat baik kondisi secara fisik (bangunan sekolah) yang berlum tertata secara rapi  juga kondisi secara psikis (hubungan antar civitas sekolah)  yang belum terjalin  secara  baik.  Secara  garis  besar  dapat  dijelaskan bahwa  keberhasilan  belajasiswa dapat  dipengaruhi  oleh  kedua  factor,  yaitfactor internal  dan  factor  eksternasl.  Factor internal  disini  salah satunya  adalah  kedisiplinan siswa  dalam proses  belajar mengajar  dan factor  eksternal  disini  salah  satunya  adalah iklim  sekolah.  Kebenaran  dari  uraian  di  atas tentuny perl dibuktika melalui  penelitian.   Ole karena   itu  penelit tertari untuk mengadakan  penelitian  tetang Pengaruh  kedisiplinan  siswa  dan  iklim  sekolah  terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 5 Semarang Tahun pelajaran 2003/2004.

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar