Sabtu, 04 Agustus 2012

Identifikasi Kesulitan Dan Pemecahan Dalam Pembelajaran Mata Diklat Penerapan Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika (Pkdle) Pada Siswa SMK Negeri 5 Semarang (A4)


BAB 1 
PENDAHULUAN 

A.  Latar Belakang

Era  globalisasi  informasi  dewasa  ini  merupakan  kemajuan  manusia  yang mengagumkan  Semua ini terjadi berkat perkembangan dunia elektronik yang sangat pesat, hampir seluruh kehidupan manusia dipermudah oleh temuan-temuan teknologi yang tak terlepas dari faktor elektronika, untuk  mengantisipasinya dunia pendidikan hendaklah menyiapkan  sumber  daya  manusia  yang  dapat  atau  mampu  mengikuti perkembangan teknologi. 
Sistem pendidikan nasional yang diatur oleh Undang-Undang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme, cinta tanah air, meningkatkan rasa kebangsaan dan kesetiakawanan sosial. Sehingga  dikembangkan iklim belajar-mengajar    yang dapat menumbuhkan  rasa  percaya  diri,  memiliki  bermacam-macam  keterampilan  serta memiliki  sikap  dan  perilaku  yang  kreatif  dan  inovatif,  maka  pendidikan  nasional dapat  mewujudkan  generasi  yang  dapat  membangun  bangsa,  negara  dan  dirinya sendiri dan bertanggung jawab. 
Sekolah  Menengah  Kejurua(SMK)  adalah  salah  satu  bentuk  lembaga pendidikan menengah kejuruan yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga menengah yang terampil  dan siap  pakai,  dalam hal ini SMK sebagai bagian dari pendidikan menengah yang bertujuan menyiapkan siswa atau tamatan untuk: 

1.  Memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesionalisme. 
2.  Mampu  memilih karir,      mampu       berkompetensi dan mampu mengembangkan diri.
3 Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini, maupun masa yang akan datang.
4.  Menjadi warga negara yang adaptif, produktif dan kreatif.

Dalam             kegiatan     belajar-mengajar     untuk    mencapai     tujuan     pembelajaran dibutuhkan berbagai komponen meliputi materi, metode, sarana dan prasarana serta evaluasi Seorang  guru  harus  mempunyai  kemampuan  untuk menciptakan  suatu kegiatan belajar-mengajar  yang dapat tercapainya hasil belajar yang maksimal. Oleh karena  itu  mempunyai  wawasan  yan luas  tentang  pemilihan  strategi belajar- mengajar seorang guru dituntut untuk dapat menciptakan  kegiatan belajar-mengajar yang bagus.
Dalam keseluruhan proses belajar-mengajar merupakan kegiatan yang penting daha yang   paling    pokok. Tetap pada       kenyataannya     tidak                  semu siswa mendapatkan nilai yang baik seperti yang diharapkan sebagian dari siswa tersebut mendapatkan  hasil  yang rendah, meskipun telah diupayakan dengan sebaik-baiknya. Hal ini disebabkan siswmengalami kesulitan dalam belajadikarenakan beberapa faktor, antara lain siswa tidak memahami  konsep sehingga kurang terampil dalam mengerjakan soal, siswa tidak dapat menerapkan konsep  dalam menyelesaikan soal, atau  siswa  kurang cermat  dalam  penggunaan  konsep.  Dengan  semu itu  guru dihadapkan  pada  permasalahan  siswa  menerima  materi  dan  berimbas  pada  hasil prestasi dari siswa.
Sehubungan dengan hal itu diperlukan suatu pemecahan masalah yaitu pada setiap   pengajaran diperlukan identifikasi terhadap siswa yang mengalamkesulitan sehingga dapat  dicari pemecahannya. Dengan adanya pemecahan diharapkan siswa dapat mencapai hasil belajar seperti yang diharapkan.
Dari              uraian     diatas     maka     dipilih      judul    skripsi         “IDENTIFIKASI KESULITAN DAN PEMECAHAN     DALAM    PEMBELAJARAN     MATA DIKLAT  PENERAPAN KONSEP DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA (PKDLE) PADA SISWA SMK NEGERI 5 SEMARANG.”

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar