Minggu, 05 Agustus 2012

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Desimal Melalui Diskusi Kelompok-Kelompok Kecil Bagi Siswa Kelas Vi Sd Negeri Rambeanak I, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2004-2005 (A7)

BAB   I PENDAHULUAN

 A.  Alasan Pemilihan Judul

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa pengaruh yang besar terhadap perkembangan pola pikir masyarakat. Program pendidikan yang ada pada saat ini diharapkan mampu menyediakan sumber daya manusia yang mampu menjawab dan memecahkan masalah sesuai dengan tuntutan zaman. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk pembaharuan dunia pendidikan serta penekanan-penekanan pada hal-hal yang masih kurang diminati siswa. Perlu diperhatikan bahwa keberhasilan pendidikan tidak semata-mata ditentukan oleh sekolah. Keluarga dan masyarakat juga akan sangat berpengaruh. Maka sekolah, keluaraga, dan masyarakat perlu bekerja sama agar pendidikan dapat berhasil dengan baik.

Salah satu pemecahan berbagai permasalahan yang digunakan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan adalah pemanfaatan atau penelitian pendidikan. Penelitian pendidikan diantaranya adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan kelas yaitu suatu kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukannya itu, serta memperbaiki di mana praktek-praktek pembelajaran tersebut dilakukan.(Anonim,1990:6)

Tindakan kelas tersebut merupakan suatu cara yang strategis bagi guru untuk memperbaiki atau meningkatkan layanan pendidikan yang dilaksanakan dalam kontek pembelajaran di kelas. Konsep-konsep dalam matematika adalah abstrak, sedangkan para siswa sekolah dasar memahami konsep dari hal yang kongkrit menuju hal yang abstrak. Oleh karena itu diperlukan jembatan berpikir dengan menggunakan media pembelajaran atau alat peraga.


Matematika adalah ilmu yang mempunyai objek berupa fakta, konsep dan operasi serta prinsip. Kesemua objek tersebut harus dipahami secara benar oleh siswa, karena materi tertentu dalam matematika bisa merupakan prasarat untuk menguasai materi matematika yang lain, bahkan untuk pelajaran yang lain seperti fisika, keuangan dan lain-lain.

Pecahan desimal biasanya banyak digunakan dalam pengukuran-pengukuran perhitungan keuangan dan kalkulator. Aplikasi pecahan desimal langsung dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Pecahan desimal juga merupakan pengetahuan prasyasrat dalam perhitungan prosentase hitungan keuangan, penghitungan luas, penghitungan satuan, pengukuran, ( panjang, massa dan lain-lain), menghitung jarak atau kecepatan sebuah benda yang bergerak.

Berdasar pengalaman peneliti, selama ini masih banyak siswa sekolah dasar SD Rambeanak I yang masih rendah kemampuannya dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal. Mengingat banyak sekali aplikasi pecahan yang langsung dipakai dalam kehidupan sehari-hari, maka penguasaan penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal oleh siswa harus mendapat perhatian khusus.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar matematika, banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru. Salah satu yang dilakukan dalam penelitian ini adalah membentuk kelompok-kelompok kecil agar siswa mau berpikir aktif dan mampu bertanya jawab dengan kelompoknya.


Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar