BAB I PENDAHULUAN
A. Alasan Pemilihan Judul
Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa pengaruh yang besar terhadap
perkembangan pola pikir masyarakat. Program pendidikan yang ada pada saat
ini diharapkan
mampu menyediakan sumber daya manusia yang mampu menjawab dan memecahkan masalah sesuai dengan tuntutan zaman. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk pembaharuan dunia
pendidikan serta penekanan-penekanan pada hal-hal yang masih kurang diminati siswa. Perlu diperhatikan bahwa keberhasilan pendidikan tidak semata-mata ditentukan oleh sekolah. Keluarga dan masyarakat juga akan sangat
berpengaruh. Maka sekolah, keluaraga, dan masyarakat perlu bekerja sama agar pendidikan dapat berhasil dengan baik.
Salah satu pemecahan berbagai
permasalahan yang digunakan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan adalah pemanfaatan atau penelitian pendidikan. Penelitian pendidikan diantaranya adalah penelitian
tindakan kelas. Tindakan kelas yaitu suatu kajian yang bersifat reflektif oleh
pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan
yang dilakukannya
itu, serta memperbaiki di mana praktek-praktek pembelajaran tersebut dilakukan.(Anonim,1990:6)
Tindakan kelas tersebut merupakan suatu cara yang strategis bagi guru untuk memperbaiki atau
meningkatkan layanan pendidikan yang dilaksanakan dalam kontek pembelajaran di kelas. Konsep-konsep dalam matematika adalah abstrak, sedangkan para siswa sekolah dasar memahami konsep dari hal yang kongkrit menuju hal yang abstrak. Oleh karena itu diperlukan jembatan berpikir dengan menggunakan media pembelajaran atau alat peraga.
Matematika adalah ilmu yang mempunyai
objek berupa fakta, konsep dan operasi serta prinsip. Kesemua objek tersebut harus dipahami secara benar oleh siswa, karena materi tertentu dalam matematika bisa merupakan prasarat untuk menguasai materi matematika yang lain, bahkan untuk pelajaran yang lain seperti fisika, keuangan dan lain-lain.
Pecahan desimal biasanya banyak digunakan dalam
pengukuran-pengukuran perhitungan keuangan dan kalkulator. Aplikasi pecahan desimal langsung dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Pecahan desimal juga merupakan pengetahuan prasyasrat dalam perhitungan prosentase hitungan
keuangan, penghitungan luas, penghitungan satuan,
pengukuran, ( panjang, massa dan lain-lain), menghitung jarak atau kecepatan sebuah benda
yang bergerak.
Berdasar pengalaman peneliti, selama ini
masih banyak
siswa sekolah dasar
SD
Rambeanak I yang masih rendah kemampuannya dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal. Mengingat banyak sekali aplikasi pecahan yang langsung dipakai dalam kehidupan sehari-hari, maka penguasaan penjumlahan dan pengurangan pecahan
desimal oleh siswa harus mendapat perhatian khusus.
Dalam upaya
meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar matematika, banyak
cara yang dapat dilakukan oleh guru. Salah satu yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
membentuk kelompok-kelompok kecil
agar siswa mau berpikir aktif dan mampu bertanya jawab dengan kelompoknya.
Cara Downloadnya silahkan klik DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar