Senin, 06 Agustus 2012

Sikap Guru Terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di Sd Islam Al-Azhar 25 Semarang (A22)

ABSTRAK

SIKAP GURU TERHADAP KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SD ISLAM AL-AZHAR 25 SEMARANG

Sikap adalah kecenderungan atau kesediaan seseorang untuk bertingkah laku terhadap suatu  objek  atau  situasi  tertentu  yang  diatur  melalui  pengalaman  yang kemudian membentuk suatu pandangan positif atau negatif yang konsisten atas suatu objek atau situasi tersebut Tujuan  diadakanya  penelitian  ini  adalah  mendeskripsikan  Sikap  Guru terhadap   Kurikulum  Tingkat  Satuan  Pendidikan  di D  Islam  AL-Azhar 25 Semarang

Metode  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  yaitu  kuantitatif deskriptif dengan populasi guru di SD Islam AL-Azhar  25 Semarang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30  responden yang diambil dengan tehnik Total Sampling. Data diambil dengan skala sikap yang valid dan reliabel, analisis data yang digunakan deskriptif persentase
 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan Sikap guru terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan termasuk positif yaitu sebesar 43,33% yang berarti bahwa sikap guru  perlu adanya peningkatan dalam menanggapi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan karena  harapannya guru menyikapi Kurikulum Tingkat Satuan  Pendidikan dengan  positif.  Unsur  pada  sikap  guru  terhadap  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang berada pada kategori cukup positif terdapat 1 yaitu kepraktisan  dalam  proses pengajaran.  Sedangkan  unsur  dalam  kategori   positif terdapat  3  yaitu  menitik beratkan  pencapaian  kompetensi  secara  utuh  selain penguasaan  secara materi, Mengakomodasikan  keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan  yang tersedia dan Memberikan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik  dilapangan  untuk mengembangkan  strategi  dan  program  pembelajaran sesuai  dengan  kebutuhan  dan ketersediaan  sumber  daya  pendidikan.  Disarankan kepada guru agar bisa mendapatkan informasi yang lebih  banyak mengenai aspek kepraktisan dalam proses pengajaran karena belum memenuhi harapan  sikap yang positif terhadap Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan. Buat peneliti lain, agar dapat mengungkap   informasi   aktual   mengenai  performasi   guru   dalam   menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Kata Kunci : Sikap Guru terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar