Senin, 06 Agustus 2012

Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Penemuan Berbantuan Lembar Kerja Siswa (Lks) Pada Pembelajaran Matematika Sub Materi Pokok Trigonometri Kelas X Sma Negeri 8 Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2006/2007 (A23)

ABSTRAK


Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode  Penemuan Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Pembelajaran Matematika Sub Materi  Pokok Trigonometri Kelas X SMA Negeri 8 Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2006/2007.  

Kata kunci: learning together, penemuan, lembar kerja

Pembelajaran matematika saat ini membutuhkan perhatian yang khusus dari para pengajar. Sesuai dengan kurikulum yang menuntut tercapainya suatu Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) maka guru harus dapat menjalankan tugas mengajar  dengan  sebaik-baiknya   supaya  peserta  didik  dapat  tuntas  belajar matematika.  Untuk  itu, dibutuhkan  suatu   alternatif  untuk  mengembangkan pembelajaran yaitu dengan menggunakan suatu model  pembelajaran yang tepat untuk  memperoleh  hasil  belajar yang  maksimal.  Salah  satu   pembelajaran matematika  yang  perlu  ditingkatkan  adalah pada  materi  pokok  trigonometri. Mempelajari trigonometri memerlukan pemahaman, penalaran dan komunikasi yang  lebih  tinggi.  Supaya  diperoleh  hasil  yang  baik,  perlu memilih  model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi trigonometri.


Model  pembelajaran  kooperatif  dengan  metode  penemuan  berbantuan lembar  kerja siswa  memiliki  berbagai  kelebihan  dibandingkan  dengan  model pembelajaran yang lain. Pembelajaran Kooperatif  dapat menjadikan peserta didik aktif berkomunikasi dengan teman sebaya yaitu dalam kelompok, dengan metode penemuan dapat  menjadikan       peserta didik  lebih banyak berpikir  untuk menemukan  suatu  konsep  dan  dengan bantuan  media  LKS  dapat  membantu peserta  didik  dalam  berlatih  dan  secara bertahap   menemukan  konsep  yang dipelajari. Dengan kelebihan-kelebihan model pembelajaran tersebut apakah dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi trigonometri? Maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan judul “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif dengan   Metode   Penemuan   Berbantuan   Lembar   Kerja  Siswa   (LKS)   pada Pembelajaran Matematika sub Materi Pokok Trigonometri Kelas X SMA Negeri 8 Semarang  Semester  2  Tahun  Pelajaran  2006/2007”,  dan  dari  judul terdapat permasalahan  yakni bagaimanakah Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Penemuan Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS).

Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA 8 Semarang tahun pelajaran 2006/ 2007. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling diambil sampel sebanyak 2 kelas yaitu peserta didik kelas X F sebagai  kelompok  eksperimen   yang  dikenai  model  pembelajaran  kooperatif dengan metode penemuan berbantuan LKS dan siswa kelas X I sebagai kelompok kontrol yang   dikenai   model   pembelajaran konvensional   dengan  metode ekspositori. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama  yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembedanya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan tes.

Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen, sehingga  untuk pengujian  hipotesis  digunakan  uji  t.  Dari  hasil  perhitungan diperoleh rata-rata kelompok eksperimen =  65,35 sedangkan rata-rata kelompok kontrol = 58,58. Karena thitung  = 2,433 dan nilai ttabel  = 1,668 berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Jadi rata-rata prestasi belajar pembelajaran pada kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol.

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar