Senin, 06 Agustus 2012

Analisis Elemen-Elemen Ekuitas Merek Produk Minyak Pelumas Motor Merek Enduro 4t (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang) (A21)

ABSTRAK

 
Analisis  Elemen-Elemen  Ekuitas  Merek  Produk Minyak  Pelumas Motor   Merek Enduro 4T (Studi   Kasus  Pada  Mahasiswa   Universitas  Negeri Semarang).  

Kata kunci :  merek,   ekuitas   merek,   kesadaran   merek,   asosiasi   merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek.

Dengan  semakin  banyaknya  jumlah  pesaing  di  pasar,  meningkat  pula ketajaman persaingan di antara merek-merek yang beroperasi di pasar dan hanya merek yang memiliki  ekuitas merek yang kuat yang akan  tetap mampu bersaing, merebut,  dan menguasai  pasar.  Karena  itu,  pengetahuan  tentang  elemen-elemen ekuitas  merek  dan pengukurannya  sangat  diperlukan  untuk  menyusun  langkah strategis dalam meningkatkan eksistensi merek yang  akhirnya dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan.  Penelitian  ini bertujuan  untuk   mengetahui  bagaimana kekuatan ekuitas merek pelumas merek Enduro 4T dilihat dari variabel  kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek.

Populasi  dalam  penelitian   ini   adalah   semua  mahasiswa  UNNES   yang menggunakan pelumas Enduro 4T. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden secara  accidental sampling. Variabel yang diteliti meliputi 4 elemen utama ekuitas merek, yaitu kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand asociation), persepsi  kualitas (perceived quality),  dan  loyalitas  merek  (brand  loyalty).  Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskripsi data. Terhadap data kesadaran  merek  dilakukan  perhitungan  prosentase, terhadap data asosiasi merek dilakukan uji Cochran, sedangkan terhadap data persepsi kualitas dan loyalitas merek dilakukan penghitungan rata-rata (means).


Analisis  hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  kesadaran  merek  pelumas Enduro 4T menempati posisi kedua dalam top of mind, posisi teratas dalam brand recall, dan  brand recognition sebesar 2%. Asosiasi yang  terkait dengan  pelumas merek Enduro 4T adalah Pelumas produk Pertamina, pelumas yang kualitasnya teruji, pelumas  yang  tahan  lama, pelumas  anti  slip  kopling  dan  pelumas  yang  mudah didapatkan  saat  membeli. Persepsi kualitas  pelumas  Enduro  4T  memiliki  tingkat performance (3,93) lebih rendah dari pada tingkat importance (4,13). Pada loyalitas merek tingkatan switcher sampai liking the brand masuk kategori baik tetapi untuk tingkatan committed buyer, masuk kategori kurang baik karena konsumen Enduro 4T masih kadang-kadang menyarankan dan mempromosikan pelumas merek Enduro 4T (2,98).

Berdasarkan  hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa ekuitas  merek pelumas Enduro 4T masih belum kuat. Hal ini karena elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari elemen kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand asociation), persepsi kualitas (perceived quality), dan loyalitas merek (brand loyalty) masih  rendah. Oleh  karena  itu   perusahaan  perlu  memperbaiki  kekurangan  dan kelemahan yang ada pada elemen-elemen ekuitas merek pelumas Enduro 4T sehingga ekuitas merek pelumas Enduro 4T menjadi lebih kuat.  Dengan  cara meningkatkan kegiatan promosi dan periklanan untuk meningkatkan kesadaran  merek. Merancang pesan iklan yang lebih menginformasikan asosiasi yang belum terbentuk  sehingga asosiasi tersebut terbentuk. Meningkatakan  dan  memperbaiki  kualitas produk  dan strategi produk untuk membangun persepsi kualitas yang baik. Menerapkan program relationship  marketing,   yaitu   menjaga   hubungan   dan   kedekatan   yang   saling menguntungkan,   memberikan pelayanan  ekstra  atau  gratis  dan  hadiah  kepada konsumen untuk meningkatkan loyalitasnya.

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar