Selasa, 07 Agustus 2012

Perbedaan Status Kesegaran Jasmani Antara Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Basket Dengan Sepakbola Pada Siswa Putera Sma Islam Sultan Agung 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 (A28)

S A R I

Perbedaan Status Kesegaran Jasmani  Antara Yang Mengikuti   Ekstrakurikuler  Bola basket  dengan  Sepakbola  Pada  Siswa Putera SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada perbedaan  status kesegaran jasmani  antara  yang  mengikuti  ekstrakurikuler  bola  basket  dengan sepakbola pada siswa  SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 ?Tujuan penelitian ini  adalah  untuk  mengetahui  perbedaan         status kesegaran  jasmani  antara  yang mengikuti  ekstrakurikuler  bola  basket  dengan sepakbola pada  siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007

Metode  penelitian  menggunakan  metode  survey  test.  Populasi  yang digunakan  adalah siswa  putera  SMA  Islam  Sultan  Agung  1  yang  mengikuti ekstrakurikuler  bola  basket dan sepakbola  yang  berjumlah  120  orang  putra. Teknik pengambilan sampel dengan teknik proposional random sampling. Maka berdasarkan random didapat sampel 21 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket dan 21 orang siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola. Metode pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji normalitas  data dalam penelitian ini dengan statistik non parametrik menggunakan Kolmogorov- Smirnov atau Shapiro Wilk Uji Homogenitas dalam penelitian ini dengan Levene statistic Uji hipotesis yang digunakan disini adalah Uji t Independent Sample Test, Data diolah dengan menggunakan komputerisasi dengan sistem SPSS  versi 10.


Hasil penelitian berdasarkan perhitungan data uji t independent sample test yang diperoleh ialah : nilai thitung VO2Maks yang diperoleh sebesar 1.853 dengan tingkat signifikansi 0.071 > 0.05 maka H0  diterima dan  H1  ditolak, atau bahwa kedua nilai rata-rata atau VO2Maks antara siswa yang mengikuti ekstra kurikuler bola basket dan sepakbola secara statistik adalah sama atau tidak berbeda. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Tidak terdapat perbedaan   status kesegaran jasmani antara yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket dengan sepakbola pada siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007.

Simpulannya ialah : Tidak terdapat perbedaan status kesegaran jasmani siswa  antara  yang  mengikuti  ekstrakurikuler  sepakbola  dengan  siswa  yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket, pada siswa putra SMA Islam Sultan Agung I Semarang. Dan sebagai saran ialah : 1)  Dilakukan penelitian ulang dengan sampel yang bisa terkontrol kegiatan kesehariannya dan  yang  mengikuti latihan ekstrakurikuler  secara  rutin.  2)  Para  pelatih kegiatan  ekstrakurikuler  di  SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang agar memberi latihan yang frekwensinya tiap minggu  lebih  banyak,  teratur,  dan  terencana  agar  dapat  ditelusuri kesalahan- kesalahan pokok dalam melatih. 3) Penelitian dilakukan bila untuk teknik- teknik yang lain sebab korelasi antara teknik yang satu dengan yang lain terlihat sangat dekat.

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar