Selasa, 07 Agustus 2012

Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Dasar Siswa Kelas V Sd Negeri Sekaran 02 Tahun Pelajaran 2006/2007 Dalam Materi Bilangan Bulat Melalui Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Dengan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching And Learning) Berbasis Penggunaan Alat Peraga (A29)

ABSTRAK

Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Dasar Siswa Kelas V SD Negeri Sekaran 02 Tahun Pelajaran 2006/2007 dalam Materi Bilangan Bulat melalui Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbasis Penggunaan Alat Peraga.

Pendekatan kontekstual adalah konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan   materi  yang  diajarkan  dengan  situasi  dunia  nyata  siswa  dan mendorong siswa membuat  hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran  efektif,  yaitu  konstruktivisme   (constructivism),  bertanya (questioning), menemukan  (inquiry),  masyarakat  belajar  (learning  comunity), pemodelan  (modelling), refleksi  (reflection),  dan  penilaian  autentik  (authentic assesment).  Pembelajaran  yang selama  ini  dilakukan  di  kelas  V  SD  Negeri Sekaran 02 masih belum memuaskan. Dilihat dari nilai rata-rata kelas siswa tahun pelajaran  2005/2006  pada  materi  bilangan  bulat yaitu  5,8.  Oleh  karena  itu dilakukan inovasi pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas.  Strategi yang dipandang mampu untuk meningkatkan kompetensi  dasar siswa adalah dengan mengimplementasikan KBK dengan pendekatan CTL (Contextual  Teaching and Learning berbasis penggunaan alat peraga.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah meningkatkan (1) hasil belajar  dan  (2)  aktivitas  siswa,  kelas  V  SD  Negeri  Sekaran  02  tahun pelajaran 2006/2007 pada  materi bilangan bulat dengan mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan  pendekatan CTL berbasis penggunaan alat peraga?
 
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu meningkatkan (1) hasil belajar dan  (2) aktivitas siswa, kelas V SD Negeri Sekaran 02 tahun pelajaran 2006/2007 pada materi bilangan bulat melalui implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi   dengan pendekatan  CTL  (Contextual  Teaching  and  Learning) berbasis penggunaan alat peraga.

Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Obyek  penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sekaran 02 tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 12 siswa, dengan komposisi 8 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan.

Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) tercapainya tujuan ke-1 penelitian  ini,  ditandai  dengan  terlampauinya  skor  minimal  ketuntasan belajar dalam mengerjakan soal tes/ulangan di akhir siklus III yaitu lebih dari 6,5 dan  ketuntasan  kelas dalam   mengerjakan  soal-soal  harus  di  atas  65%,  (2) tercapainya tujuan ke-2 penelitian ini, ditandai dengan persentase aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika dengan pendekatan  CTL > 65%, (3) Siswa mampu mengerjakan LKS kontekstual dengan rata-rata diatas 8.

Setelah dilakukan PTK, hasil nilai rata-rata kuis pada siklus I 4,75, siklus II 5,75, siklus III 7,92 dan hasil tes akhir 7,17 dengan ketuntasan klasikal siklus I 16,67%, siklus II 50%, siklus III 83,33%, dan tes akhir 83,33%. Dan rata-rata nilai LKS pada  siklus I 8,12, siklus II 5,33, dan siklus III 9,77. Sedangkan aktivitas siswa siklus I pertemuan I  41,67%, pertemuan II 43,33%, siklus II pertemuan I 40%, pertemuan II 60% dan siklus III pertemuan I 75%, pertemuan II 75%. Hal ini sudah di atas indikator keberhasilan yang diharapkan.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan dengan dengan mengimplementasikan Kurikulum  Berbasis Kompetensi  dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) berbasis penggunaan alat peraga maka kompetensi dasar siswa kelas V SD Negeri Sekaran 02 pada materi Bilangan bulat dapat ditingkatkan.
Diharapkan guru SD Negeri Sekaran 02/peneliti lain dapat melanjutkan penelitian untuk  mendapatkan  temuan  yang  lebih  terpercaya.  Instrumen  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  masih  merupakan  instrumen  yang  tingkat validasinya  belum memuaskan,  penelitian  berikutnya  dapat  mencoba  dengan instrumen yang lebih standar (mempunyai tingkat kesukaran yang sedang, reliabel dan mempunyai daya pembeda). Pembelajaran matematika  dengan pendekatan CTL dan penggunaan media visualisasi berupa alat peraga dapat  meningkatkan kompetensi dasar siswa, sekolah dengan karakteristik dan masalah pembelajaran yang relatif sama dapat menerapkan strategi serupa.

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar