Selasa, 07 Agustus 2012

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui "Pendekatan Ketrampilan Proses" Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Statistika Kelas 2 B Smp Kartiyoso Semarang Tahun Ajaran 2004/2005 (A30)

ABSTRAK


Meninigkatkan  Hasil   Belajar  Siswa    Melalui "Pendekatan  Keterampilan   Proses"   Pada  pembelajaran   Matematika   Pokok Bahasan Statistika Kelas 2 B SMP Kartiyoso Semarang Tahun Ajaran 2004/2005, S1  Pendidikan  Matematika  Pendidikan  Dasar  Fakultas Matematika  dan  Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang 2006.

Di SMP Kartiyoso Semarang sebagian besar siswa pada umumnya belum memahami pelajaran  matematika  terutama  tentang  pokok  bahasan  statistika. Adapun   faktor yang  mempengaruhi,  diantaranya:  (1)  Kurangnya   ketajaman penalaran dan kurangnya algoritma pada diri siswa, (2) Kurangnya motivasi dan minat belajar siswa,  (3) Kurangnya prasyarat pendukung dalam diri siswa. Hal tersebut di atas merupakan hasil pengamatan yang peneliti peroleh dari daftar nilai matematika pokok bahasan  statistika  kelas II di SMP Kartiyoso Semarang pada tahun ajaran 2003/2004, yang  perolehan nilainya berkisar antara 3,0 sampai 5,0 atau  rata-ratanya  4,5  dan  hanya  20  %  siswa  yang tuntas  belajar.  Dari  latar belakang tersebut       penulis  mempunyai       rumusan            masalah             apakah dengan penggunaan metode "pendekatan  ketrampilan proses" dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 B SMP Kartiyoso Semarang pada pokok bahasan statistika? Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran tersebut faktor utamanya adalah dari siswa.  Maka  guru  seyogyanya  mengetahui   prinsip-prinsip  pengaktifan siswa dalam belajar  dengan  membuat  pelajar  itu  menantang,  merangsang  daya  cipta untuk menemukan, serta mengesankan.


Dalam penelitian ini penulis mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar  siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan statistika kelas 2 B SMP Kartiyoso Semarang tahun ajaran 2004/2005  melalui metode "pendekatan keterampilan proses".

Lokasi  penelitian  di  SMP  Kartiyoso  Semarang  dengan  subyek  penelitian siswa kelas II B tahun ajaran 2004/2005. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar siswa  pokok   bahasan statistika,  keaktifan  siswa,  dan  motivasi  siswa.  Cara pengumpulan data yaitu dengan post tes dan angket. Rencana tindakan yang akan dilaksanakan ditempuh  dalam   dua  siklus   mencakup  tahapan   perencanaan, implementasi, observasi, refleksi dan analisis. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan, setiap pertemuan 2 × 45 menit.  Indikator yang ditetapkan yaitu nilai rata-rata siswa 6,0 dan ketuntasan belajar 70 %, keaktifan dan motivasi siswa 75 %.

Hasil dari penelitian nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 5,55 dengan ketuntasan belajar 40 %, keaktifan dan motivasi siswa masing-masing 69,2 %  dan 63,8 %. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 6,8 dengan ketuntasan belajar 76 %, keaktifan dan motivasi siswa masing-masing 79,2 % dan 78,6 %.

Berdasarkan  hasil  penelitian  tersebut  hasil  belajar  siswa  pokok  bahasan statistika dengan menggunakan metode "pendekatan ketrampilan  proses"  dapat ditingkatkan. Maka dalam pembelajaran matematika pokok bahasan statistika jika banyak   siswa   yang  mengalami   kesulitan,   sebaiknya   menggunakan   metode "pendekatan ketrampilan proses".

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar