Selasa, 07 Agustus 2012

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Petak Persegi Satuan Dalam Mengukur Luas Daerah Persegi Dan Persegi Panjang Siswa Kelas Iv Sd Lempongsari 01 Kecamatan Gajahmungkur Semarang Tahun Pelajaran 2005-2006 (A27)


ABSTRAK


Penelitian tindakan jelas ini diadakan berdasarkan hasil pembelajaran siswa Kelas IV SD  Lempongsari 01 dalam mengukur luas bangun persegi dan persegi panjang masih rendah. Salah satu usaha untuk meningkatkan hasil belajar matematika tersebut  menggunakan  media  pendidikan  atau  alat  peraga dalam  proses  belajar mengajar yang disebut petak persegi satuan.

Permasalahan  dalam  penelitian  tindakan  kelas  ini  adalah  sejauh  mana peningkatan  hasil belajar Matematika melalu penggunaan alat peraga petak persegi satuan dalam mengukur luas daerah persegi dan persegi panjang pada siswa kelas IV SD Lempong sari 01 Kecamatan  Gajahmungkur Semarang Tahun Pelajaran 2005-2006.

Tujuan penelitian  tindakan  kelas  ini  adalah  untuk  mengetahui  efektivitas penggunaan alat peraga petak persegi satuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengukur luas daerah persegi dan persegi panjang.


Subyek Penelitian : Siswa Kelas IV SD Lempong Sari 01 berjumlah 20 siswa, terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan,  guru kelas IV SD Lempong sari 1 dan Seorang pengamat. Penelitian tindakan kelas ini dirancang pelaksanaan 2 siklus. Tiap siklus memiliki beberapa tahapan,  yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi

Hasil penelitian pada siklus I rata-rata kelas mencapai 7,0 meskipun belum mencapai  target  yang diharapkan  7,5  namun  sudah  ada  peningkatan  hasil  yang sebelumnya  rata-rata  kurang  dari  6,5. Sedangkan siklus  II  rata-rata  hasil  tes mencapai 7,8 diatas tolok ukur keberhasilan, dengan demikian ada peningkatan hasil belajar matematika.

Saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya guru dalam pembelajaran pengukuran  luas daerah persegi dan persegi panjang menggunakan media atau alat peraga petak persegi satuan yang diberi bingkai agar menarik bagi siswa, setiap siswa sebaiknya memiliki alat peraga petak  persegi satuan minimal tiap kelompok satu, guru perlu menjelaskan kembali cara menggunakan alat peraga petak persegi satuan agar yang belum jelas dapat mengetahui, peraga bangun persegi,  persegi panjang perlu diberi perekat yang baik supaya dapat menempel pada papan panel lebih kuat.

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar