Selasa, 07 Agustus 2012

Pengaruh Pembebasan Penggunaan Mesin Meja Gambar Di Luar Jam Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Kompetensi Menggambar Teknik Pada Siswa Tingkat Iii Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan Smk Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2005-2006 (A33)

SARI

Pengaruh  Pembebasan  Penggunaan  Mesin  Meja Gambar  Di  Luar  Jam Pelajaran  Terhadap  Prestasi  Belajar  Kompetensi Menggambar Teknik         pada  Siswa Tingkat III Program Keahlian Teknik Konstruksi  Bangunan SMK  Negeri  2  Klaten  Tahun  Ajaran  2005-2006

Kata kunci : Penggunaan mesin meja gambar.

Kompetensi          Menggambar     Teknik     merupakan     salah    satu    kompetensi produktif  bagi  siswa  pada  program  keahlian  Teknik  Konstruksi  Bangunan. Kemampuan siswa dalam menggambar berkaitan erat dengan penggunaan sarana belajar dengan  optimal,  motivasi  siswa  dalam  hal  ini  mesin  meja  gambar. Berdasarkan  latar belakang  tersebut,  maka  permasalahan  dalam  penelitian  ini adalah  adakah  perbedaan kemampuan  kompetensi   Menggambar  Teknik  dan perbedaan motivasi siswa dengan pembebasan penggunaan mesin  meja gambar diluar  jam  pelajaran,  serta  seberapa  besar pengaruh  pembebasan  penggunaan mesin meja gambar terhadap kemampuan kompetensi Menggambar Teknik pada siswa tingkat III program keahlian Teknik Konstruksi Bangunan SMK Negeri 2 Klaten tahun ajaran 2005-2006.

Analisis yang digunakan adalah dengan uji-t untuk mengetahui perbedaan kemampuan kompetensi Menggambar Teknik dan perbedaan motivasi siswa yang dilanjutkan dengan analisis  regresi linier populasi untuk mengetahui besarnya pengaruh pembebasan  penggunaan  mesin  meja  gambar  terhadap  kemampuan kompetensi Menggambar Teknik.
 
Penelitian ini  pengambilan  data  dengan  dua  instrumen,  yaitu  instrument observasi  dan  instrumen  kemampuan  kompetensi  Menggambar  Teknik.  Pada pengujian hipotesis ada perbedaan kemampuan kompetensi Menggambar Teknik, diperoeh t hitung      (3,522) > t tabel    (1,67), sehingga hipotesis alternatif diterima atau menolak hipotesis nihil. Hal ini berarti  secara signifikan rata-rata kemampuan kompetensi Menggambar Teknik pada kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok       kontrol.            Hasil     uji-t      untuk    perbedaan        motivasi            siswa    dalam menggunakan  mesin  meja  gambar,  diperoleh  t hitung  (5,924)  >  t tabel (1,67), sehingga hipotesis  alternatif  diterima.  Hal  ini  berarti  secara  nyata  rata-rata motivasi siswa dalam menggunakan mesin meja gambar kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok control.

Hasil analisis regresi diperoleh koefisien regresi sebesar 0,659 dan konstanta sebesar 16,193, sehingga diperoleh model regresi sebagai berikut : Y = 16,193 + 0,659X, ini menunjukkan bahwa setiap terjadi kenaikan motivasi siswa dalam menggunakan  mesin meja  gambar  diluar  jam  pelajaran  akan  diikuti  kenaikan kemampuan  kompetensi Menggambar  Teknik  sebesar  0,659.  Berdasarkan  uji keberartian menggunakan uji-F, diperoleh F hitung     = 26,594 > F tabel     (4,196), yang berarti model regresi yang diperoleh signifikan.  Hasil uji kelinieran diperoleh F hitung  = 0,345 > F tabel     (2,685), yang berarti model tersebut linier. Hasil analisis regresi   tersebut   menunjukan   bahwa  ada   pengaruh   positif   yang   signifikan pembebasan   penggunaan  mesin  meja  gambar diluar  jam  pelajaran  terhadap kemampuan kompetensi Menggambar Teknik sebesar 48,7%.
Disarankan untuk terus dibebaskan penggunaan mesin meja gambar untuk
siswa diluar jam pelajaran, dan guru yang mengampu kompetensi Menggambar Teknik  selalu  mengintruksikan  serta  mengingatkan  kepada  siswa  agar  terus memanfaatkan pembebasan  penggunaan mesin meja gambar untuk siswa diluar jam pelajaran untuk mengerjakan  tugas-tugasnya, sehingga dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa khususnya kompetensi Menggambar Teknik.

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar