SARI
Pengaruh
Pembebasan
Penggunaan
Mesin
Meja
Gambar Di Luar Jam Pelajaran Terhadap Prestasi
Belajar
Kompetensi
Menggambar Teknik pada Siswa Tingkat
III Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan SMK Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran
2005-2006
Kata kunci : Penggunaan mesin
meja gambar.
Kompetensi Menggambar Teknik merupakan salah satu kompetensi produktif bagi siswa
pada
program
keahlian
Teknik
Konstruksi
Bangunan.
Kemampuan siswa dalam menggambar berkaitan erat dengan penggunaan sarana belajar dengan optimal, motivasi
siswa
dalam
hal
ini
mesin meja gambar.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan
dalam
penelitian
ini
adalah adakah perbedaan kemampuan kompetensi Menggambar
Teknik
dan
perbedaan motivasi siswa
dengan pembebasan
penggunaan mesin meja gambar diluar jam pelajaran, serta
seberapa
besar pengaruh
pembebasan
penggunaan
mesin meja gambar terhadap
kemampuan kompetensi Menggambar Teknik
pada siswa tingkat III program keahlian
Teknik Konstruksi Bangunan
SMK Negeri 2 Klaten
tahun ajaran 2005-2006.
Analisis yang digunakan adalah dengan uji-t untuk
mengetahui perbedaan kemampuan kompetensi Menggambar Teknik dan perbedaan motivasi siswa yang
dilanjutkan dengan analisis regresi linier
populasi untuk mengetahui besarnya pengaruh pembebasan penggunaan mesin meja
gambar terhadap kemampuan kompetensi Menggambar Teknik.
Penelitian ini
pengambilan
data
dengan
dua
instrumen, yaitu instrument
observasi dan instrumen kemampuan kompetensi Menggambar Teknik. Pada
pengujian hipotesis ada perbedaan kemampuan kompetensi Menggambar Teknik, diperoeh t hitung (3,522)
> t tabel (1,67), sehingga hipotesis
alternatif diterima atau
menolak hipotesis nihil. Hal ini berarti
secara signifikan rata-rata kemampuan
kompetensi Menggambar Teknik pada kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol. Hasil uji-t untuk perbedaan motivasi siswa dalam menggunakan
mesin meja gambar,
diperoleh
t hitung (5,924) > t tabel (1,67), sehingga hipotesis alternatif diterima.
Hal
ini
berarti secara nyata rata-rata
motivasi siswa dalam
menggunakan mesin meja gambar kelompok eksperimen
lebih besar daripada kelompok
control.
Hasil analisis regresi diperoleh koefisien regresi sebesar 0,659 dan konstanta sebesar 16,193, sehingga diperoleh
model regresi sebagai
berikut : Y = 16,193 +
0,659X, ini menunjukkan bahwa setiap terjadi kenaikan
motivasi siswa dalam menggunakan mesin meja
gambar diluar jam pelajaran akan diikuti
kenaikan
kemampuan
kompetensi Menggambar
Teknik
sebesar
0,659.
Berdasarkan
uji
keberartian menggunakan uji-F, diperoleh F hitung = 26,594 > F tabel (4,196), yang
berarti model regresi yang diperoleh signifikan.
Hasil uji kelinieran diperoleh F hitung = 0,345 > F tabel (2,685),
yang berarti model tersebut linier. Hasil
analisis regresi tersebut menunjukan bahwa ada
pengaruh positif yang
signifikan pembebasan penggunaan mesin meja gambar diluar
jam
pelajaran
terhadap
kemampuan
kompetensi Menggambar Teknik sebesar 48,7%.
Disarankan untuk terus dibebaskan penggunaan mesin meja gambar untuk
siswa diluar jam pelajaran, dan guru yang mengampu kompetensi Menggambar Teknik selalu
mengintruksikan serta mengingatkan kepada siswa
agar
terus
memanfaatkan pembebasan penggunaan mesin meja gambar untuk siswa diluar jam pelajaran untuk mengerjakan tugas-tugasnya, sehingga
dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa khususnya kompetensi
Menggambar Teknik.
Cara Downloadnya silahkan klik DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar