Selasa, 07 Agustus 2012

Palatabilitas Bufo Melanostictus Terhadap Beberapa Macam Makanan Alami Dan Potensinya Dalam Mengendalikan Populasi Serangga (A32)

ABSTRAK


Kodok umumnya dianggap sebagai mahkluk yang beracun. Padahal kodok tidak  merugikan  tetapi  menguntungkan  atau  berguna  bagi  manusia  untuk mengendalikan populasi  serangga  yang  ada  di  sekitar  rumah,  kebun,  maupun ladang. Sifat ini sekarang telah dimanfaatkan oleh manusia, terutama kodok besar atau kodok laut yang merupakan salah satu  species kodok yang paling besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makanan alami apa yang disukai oleh kodok dan potensi kodok sebagai pengendali populasi serangga.
Populasi  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  kodok  (Bufo melanostictus) yang ada di sekitar pemukiman penduduk di kelurahan Sekaran, Gunungpati. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 ekor kodok yang terdiri dari 10 ekor kodok jantan dan 10 ekor kodok betina yang masing-masing mempunyai berat 9-10  gram. Setiap kandang terdiri dari 2 ekor kodok jantan dan betina. Setelah  masa  aklimasi selama  3  hari,  kodok  diberi  7  macam  makanan  yaitu belalang, rayap, ulat, kumbang, semut, cacing tanah, dan ketam-ketaman.Ketujuh macam makanan tersebut diberikan masih dalam  keadaan hidup dan dibiarkan lepas dalam kandang. Palatabilitas kodok terhadap suatu makanan  dapat dilihat dari nisbah pemangsaannya.

Hasil penelitian menunjukkkan bahwa jenis makanan yang disukai oleh kodok berturut-turut adalah rayap dengan nisbah pemangsaan 0,67, belalang dan semut merah dengan  nisbah pemangsaan sebesar 0,59, kumbang dengan nisbah pemangsaan sebesar 0,58, ulat  dengan  nisbah pemangsaan sebesar 0,55, cacing tanah dengan nisbah pemangsaan sebesar 0,53  dan yang terakhir adalah ketam- ketaman dengan nisbah pemangsaan sebesar 0,38.
Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa kodok lebih menyukai rayap, belalang, dan  semut merah dibanding kumbang, ulat, cacing tanah, dan ketam- ketaman  oleh karena  itu  kodok  dapat  dijadikan  sebagai  alternatif  pengendali populasi serangga khususnya rayap, belalang, dan semut merah.

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar