Selasa, 07 Agustus 2012

Efektivitas Cd Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa Dan Persamaan Reaksi Sederhana Kelas X Semester I Sma Teuku Umar Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006 (A34)

Efektivitas CD Interaktif sebagai Media Pembelajaran Kimia Pokok  Bahasan Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Sederhana Kelas X Semester I SMA  Teuku Umar Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.

Kata Kunci: Efektivitas, CD Interaktif, Media Pembelajaran

Keberhasilan  pendidikan  salah  satunya  ditunjukkan  dengan  semakin meningkatnya  prestasi  belajar  anak  didik.  Faktor  yang  mempengaruhi  tinggi rendahnya hasil  belajar siswa antara lain adalah media yang digunakan dalam pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi, perpaduan komputer dan kepingan CD dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien dalam bentuk  CD  pembelajaran  interaktif. Apalagi  di  hampir  setiap  sekolah  sudah mempunyai komputer yang jumlahnya cukup memadai untuk  digunakan dalam proses pembelajaran serta siswa yang mempunyai keterampilan memadai  juga untuk mengoperasikan komputer.
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang keefektifan CD interaktif sebagai media pembelajaran kimia pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana siswa kelas X semester I SMA Teuku Umar Semarang tahun pelajaran 2005/2006.

Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMA Teuku Umar Semarang yang terdiri dari lima kelas. Sebagai sampel diambil dua kelas, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini sebagai  variabel  bebasnya adalah  CD  interaktif  sebagai  media  pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil pembelajaran kimia pokok bahasan tata nama senyawa                 dan    persamaan    reaksi     sederhana.    Alat    pengumpul     data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode  tes.  Metode observasi dilakukan untuk mendapatkan gambaran pengajaran kimia oleh guru mata pelajaran serta bagaimana pemanfaatan komputer sebagai sarana penunjang dalam proses            belajar       mengajar.               Metode  dokumentasi  digunakan untuk mendapatkan data awal dari populasi penelitian, berupa data nilai ulangan harian. Metode tes digunakan untuk mendapatkan  data hasil pembelajaran dari siswa kelompok eksperimen dan siswa kelompok kontrol.
Menurut      Mulyasa (2003:99)      pembelajaran        dikatakan          efektif   jika memenuhi     syarat   ketuntasan                              belajar,   yaitu      jika   peserta    didik     mampu menyelesaikan,   menguasai   kompetensi   atau   mencapai   tujuan   pembelajaran minimal 65%  dari seluruh tujuan pembelajaran. Sedangkan keberhasilan kelas dilihat  dari jumlah  peserta  didik  yang  mampu  menyelesaikan  atau  mencapai minimal 65% sekurang-kurangnya 85%  dari jumlah peserta didik yang ada di kelas tersebut. Kaidah yang digunakan untuk menguji  keefektifan pembelajaran dengan   CD   interaktif   ini   adalah   Ho  ditolak   apabila   thitung>t(1-α)(ni-1).    Dari perhitungan diperoleh harga t adalah 3,171 dan harga t dari tabel  adalah 1,70. Karena t berada pada daerah penolakan Ho, maka dapat disimpulkan bahwa CD interaktif efektif sebagai media pembelajaran kimia pokok bahasan tata nama senyawa dan  persamaan reaksi sederhana. Dengan adanya informasi ini, maka perlu dipertimbangkan bagi guru dan sekolah untuk menggunakan CD interaktif sebagai media pembelajaran sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa.

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar