Efektivitas CD Interaktif sebagai
Media Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa
dan Persamaan Reaksi
Sederhana Kelas X Semester
I SMA Teuku Umar Semarang Tahun
Pelajaran 2005/2006.
Kata Kunci:
Efektivitas, CD Interaktif,
Media Pembelajaran
Keberhasilan pendidikan salah satunya ditunjukkan dengan semakin meningkatnya
prestasi
belajar
anak
didik. Faktor
yang
mempengaruhi
tinggi
rendahnya hasil belajar siswa
antara lain adalah media yang digunakan dalam pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi, perpaduan komputer dan kepingan
CD dapat digunakan sebagai media pembelajaran
yang efektif dan efisien dalam bentuk CD pembelajaran interaktif. Apalagi di hampir
setiap
sekolah
sudah
mempunyai komputer yang jumlahnya
cukup memadai untuk
digunakan dalam proses pembelajaran serta
siswa yang mempunyai
keterampilan memadai juga untuk mengoperasikan komputer.
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan
gambaran yang jelas
tentang keefektifan CD interaktif sebagai media pembelajaran kimia pokok bahasan
tata nama senyawa dan persamaan reaksi
sederhana siswa
kelas X semester I SMA Teuku Umar Semarang tahun pelajaran 2005/2006.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMA Teuku Umar
Semarang yang terdiri
dari lima kelas. Sebagai sampel diambil
dua kelas, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai
kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini
sebagai variabel
bebasnya adalah
CD
interaktif
sebagai
media pembelajaran,
sedangkan variabel terikatnya adalah hasil pembelajaran kimia pokok bahasan tata nama
senyawa dan persamaan reaksi sederhana. Alat pengumpul data
menggunakan metode observasi, metode dokumentasi
dan metode tes. Metode observasi dilakukan untuk mendapatkan gambaran pengajaran kimia oleh guru
mata
pelajaran serta bagaimana pemanfaatan komputer sebagai sarana penunjang dalam proses belajar mengajar. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data awal dari populasi penelitian, berupa data nilai ulangan harian. Metode tes digunakan untuk mendapatkan data hasil pembelajaran dari siswa kelompok eksperimen dan siswa kelompok kontrol.
Menurut Mulyasa (2003:99) pembelajaran dikatakan efektif jika memenuhi syarat ketuntasan belajar, yaitu jika peserta didik mampu
menyelesaikan, menguasai kompetensi atau
mencapai tujuan
pembelajaran
minimal 65%
dari seluruh
tujuan pembelajaran. Sedangkan keberhasilan kelas
dilihat dari jumlah peserta didik yang mampu menyelesaikan
atau
mencapai minimal 65% sekurang-kurangnya 85% dari
jumlah peserta didik yang ada di
kelas tersebut. Kaidah
yang digunakan untuk
menguji keefektifan pembelajaran dengan CD
interaktif ini
adalah Ho ditolak
apabila
thitung>t(1-α)(ni-1).
Dari perhitungan diperoleh harga t adalah 3,171 dan harga t dari tabel adalah
1,70. Karena t berada pada daerah penolakan Ho, maka dapat disimpulkan bahwa CD interaktif efektif sebagai media pembelajaran kimia pokok bahasan
tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana. Dengan adanya informasi ini, maka perlu
dipertimbangkan bagi guru dan sekolah
untuk menggunakan CD interaktif
sebagai media pembelajaran sebagai upaya meningkatkan
prestasi belajar siswa.
Cara Downloadnya silahkan klik DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar