Minggu, 05 Agustus 2012

Pengaruh Harga, Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Deterjen “Daia” Konsumen Ibu Rumah Tangga Di Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo (A9)

BAB I
PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang Masalah

Setiap perusahaan yang ingin memperluas usahanya dalam persaingan haruslah memandang pemasaran sebagai kunci utama dalam mencapai tujuan perusahaan. Pemasaran   diarahkan  untuk  mengetahui  kebutuhan  pembeli kemudian memuaskan kebutuhan tersebut.
Untuk menjual hasil produksi, produsen memerlukan distributor untuk mendistribusikan hasil produksinya sampai ke tangan konsumen. Kegiatan produsen itu  tidak berakhir sampai dengan terjadinya transaksi saja, tetapi juga  berusaha  agar  hasil   produksinya dapat  memuaskan  konsumen  dan mampu bersaing dengan produk lain yang sejenis. Untuk itu produsen harus dapat bersaing dalam         memproduksi barang dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan  selera  pembeli.  Selain  itu  produsen  harus  memperhatikan hal-hal sebagai berikut : 1) Perlukah barang-barang tersebut dibuat, 2) Bagaimana disain produk,  merek  cap  dagang  dan  sebagainya,  3)  Bagaimana  desain pembungkus  dari produk  tersebut,  4)  Bagaimana  komposisi  dan  ukuran potensi pasar yang tepat untuk produk tersebut, 5) Apakah pemasangan iklan atau personal selling akan merupakan alat peningkatan penjualan yang utama dan sebagainya.( Alma;1992:60).

Jadi  jelas  bahwa  pemasaran  itu  sangat  penting  bagi  perusahaan, terutama  dalam masa  globalisasi  ekonomi  sekarang  ini  yang  juga  sangat berpengaruh dalam  kegiatan pemasaran. Globalisasi perekonomian seakan- akan tidak mengenal lagi batas-batas antar negara yang menyebabkan semua kegiatan berlaku secara cepat dan tepat.  Melalui pemasaran, hasil produksi dapat diperkenalkan, dan dibeli oleh konsumen.  Apabila hasil produksinya baik dan dapat menimbulkan kepuasan dihati konsumen maka  mereka akan menjadi pelanggan setia.
Terciptanya kepuasan pelanggan dapat memberikan beberapa manfaat diantaranya hubungan  antara   perusahaan  dan pelanggannya  menjadi harmonis, memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya loyalitas pelanggan, dan membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut ( Word of mouth) yang menguntungkan perusahaan ( Tjiptono;2001:24).
Koordinasi dan    integrasi      seluruh     kegiatan     pemasaran     dalam perusahaan perlu dilakukan untuk memberikan kepuasan konsumen. Dalam pemasaran  terdapat juga penyesuaian dan koordinasi antara produk, harga, saluran distribusi, dan promosi untuk menciptakan hubungan pertukaran yang kuat dengan konsumen (Swasta,1997 :234)
Secara teoritis banyak alternatif yang bisa ditempuh oleh perusahaan dalam   rangka  mencapai   dan   meningkatkan   kepuasan   konsumen   tanpa melupakan tujuan perusahaan yaitu volume perusahaan yang menguntungkan demi  kelangsungan perusahaan.   Dalam  fungsi  pemasaran,  upaya  untuk mencapai  penjualan  yang menguntungkan  tidak  lepas  dari  kemampuan perusahaan dalam menguasai pemasaran.   Strategi  pemasaran    tersebut mencakup tiga bagian pokok (Tjiptono, 2000:303)  yaitu:
a.  Rencana penempatan produk, dalam hasil  penjualan, pasar sasaran serta keuntungan selama beberapa tahun mendatang.
b.  Perincian harga produk, srtategi distribusi atau anggaran pemasaran.
c.  Sasaran jangka panjang dalam penjualan, keuntungan serta strategi bauran pemasaran.

Strategi bauran pemasaran merupakan kesatuan rencana yang terpadu antara  bauran produk, strategi bauran harga, strategi bauran distribusi, dan strategi bauran promosi yang digunakan untuk melayani pasar sasaran.
Dalam  pemasaran  biasanya  dihadapkan  kepada  masalah  produk, harga,   distribusi, promosi  yaitu  berapa  dan  bagaimana  bauran  tersebut ditetapkan, hal ini supaya tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Disamping masalah  tersebut  biasanya   masalah yang  lain  yaitu  tentang  keputusan pembelian konsumen.
Kegiatan pemasaran bertujuan untuk mempengaruhi konsumen dalam pembelian suatu      produk.  Dalam     melakukan  pembelian, konsumen membutuhkan    informasi tentang   produk  yang  akan      dibeli.    Untuk menginformasikan produk yang telah dihasilkan dilakukan promosi. Promosi adalah arus  informasi atau persuasi searah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang  atau  organisasi  kepada  tindakan  yang  menciptakan pertukaran
dalam pemasaran  (Swasta,1997:349).  Promosi  yang  baik  diharapkan  akan terjalin komunikasi antara produsen dan konsumen. Begitu juga konsumen ibu rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan sabun cuci.
Kenyataan saat ini banyak sekali sabun cuci yang beredar di pasaran, namun  berdasarkan survai  sementara  ibu-ibu  rumah  tangga  di  Kecamatan Gebang  Kabupaten   Purworejo cenderung  menggunakan  deterjen  “Daia” meskipun harga yang ditawarkan relatif lebih tinggi dari pada deterjen merk lain, tetapi “Daia” memberikan kualitas yang lebih dari deterjen lain.
Ibu-ibu  rumah  tangga  biasanya  sangat  jeli  dalam  membeli  dan menyeleksi  harga produk, mereka lebih menginginkan dengan harga yang relatif terjangkau mendapatkan produk yang berkualitas apalagi produk yang sudah mempunyai merek.  Proses pengambilan keputusan sangat bervariasi, ada yang sederhana dan ada yang  kompleks. Pengambilan keputusan tidak hanya berakhir dengan terjadinya transaksi pembelian akan tetapi diikuti pula tahap perilaku purna beli. Dalam tahap ini konsumen merasa tingkat kepuasan atau ketidakpuasan tertentu yang akan mempengaruhi perilaku  berikutnya. Jika konsumen merasa puas, ia akan memperlihatkan peluang besar untuk melakukan pembelian ulang. Seorang konsumen yang merasa puas cenderung akan  menyatakan hal-hal  yang  baik  tentang  produk  dan  perusahaan  yang bersangkutan kepada  orang lain. Oleh karena itu pembeli yang merasa puas merupakan  promosi  gratis  kepada pembeli  lainnya.  Dengan  menjalankan promosi  secara  tepat  dan  dikendalikan  dengan baik  maka  akan  berperan secara  berarti  dalam  mempengaruhi  dan  menaikkan tingkat  pembelian konsumen  terhadap  deterjen  “Daia”.  Melihat  kenyataan  dan permasalahan yang ada diambil judul: PENGARUH HARGA, PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP  KEPUTUSAN  PEMBELIAN       DETERJEN       “DAIA” KONSUME IBU   RUMAH   TANGGA   DI   KECAMATAN   GEBANG KABUPATEN PURWOREJO.

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar