Selasa, 07 Agustus 2012

Metoda Pemrograman Pada Konveyor Dengan Fungsi Pencacah Barang Berbasis Programmable Logic Controller (Plc) Omron Tipe Cpm 1a 20 I/O (D3)

ABSTRAK

Metoda  Pemrograman  Pada  Konveyor  Dengan Fungsi  Pencacah Barang  Berbasis  Programmable  Logic  Controller  (PLC) OMRON Tipe  CPM 1A 20 I/O” Laporan Proyek Akhir. Teknik Mesin DIII.

Peralatan dengan sistem pneumatik sekarang ini telah memegang peranan penting sebagai alat  bantu dalam peningkatan  atau rasionalisasi  produk  dalam pembuatan dan pengolahan benda kerja, dari pabrik  air minum sampai pabrik besar seperti pembuatan mobil yang semuanya itu menggunakan peralatan  dan permesinan yang bekerja dengan menggunakan sistem pneumatik.
Dalam memproduksi suatu barang dilakukan otomatisasi (otomasi), hal ini diperlukan untuk mengurangi tenaga manusia guna  mencapai produktivitas yang       menggunakan  peralatan-peralatan            bantu     yang      menggunakan             sistem pneumatik dengan sistem kontrol Programmable Logic Controller (PLC). Untuk memenuhi kebutuhan  tersebut, perlu dirancang sebuah  sistem kendali berbasis PLC serta bagaimana program yang sesuai dengan kerja yang dibutuhkan untuk menjalankan proses produksi.

Berdasar permasalahan tersebut maka dibuatlah alat berupa robot lengan berpenggerak motor dan pneumatik beserta konveyor yang dikendalikan oleh PLC Omron CPM 1A 20 I/O. Kemudian diprogram dengan fungsi pencacah barang menggunakan software Syswin.
Dalam proyek ini didapatkan sebuah desain   sistem kendali yang mampu memindahkan  barang  sekaligus  mencacahnya  dan  menampilkan  data  secara langsung pada  display.  Komponen-komponennya  berupa  PLC,  rangka  lengan, silinder  pneumatik,   motor,   konveyor,   katup,  relay,  sensor  dan  komponen- komponen pendukung lainnya. Pengalamatan pada controller ini berjalan berdasar Ladder  yang telah dibuat dengan software Syswin. Dan pengalamatan ini berjalan dengan baik setelah dilakukan beberapa uji coba  dan penyesuaian.

Kata kunci : Pneumatik, PLC, Control, Otomasi, Ladder
Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar