Selasa, 07 Agustus 2012

Penggunaan Zeolit Alam Yang Telah Diaktivasi Dengan Larutan Hcl Untuk Menjerap Logam-Logam Penyebab Kesadahan Air (D2)

SARI


Penggunaan Zeolit Alam yang telah Diaktivasi dengan Larutan  HCl  Untuk  Menjerap  Logam-logam  Penyebab  KesadahanAir. Tugas Akhir II. Jurusan Kimia.

Air merupakan bahan yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia, dan fungsinya bagi kehidupan tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Namun air yang tersedia tidak  semuanya langsung bisa dimanfaatkan, karena air yang bersifat sadah cenderung menimbulkan masalah baru. Oleh karena itu dilakukan percobaan untuk mengurangi kesadahan air dengan  menggunakan zeolit alam. Zeolit alam merupakan mineral yang mempunyai sifat sebagai  penjerap yaitu mampu menjerap ion-ion logam penyebab kesadahan air melalui pertukaran ion. Zeolit  alam  akan  berdaya  jerap  tinggi  bila  telah  mengalami  aktivasi  terlebih dahulu.
Pada penelitian ini, sampel yang digunakan adalah zeolit alam Bandung dan air sadah. Untuk menguji penjerapan logam-logam penyebab kesadahan air oleh zeolit  maka  dilakukan  empat  tahap  kerja  yaitu  :  aktivasi  zeolit,  menghitung kesadahan air sebelum direaksikan dengan zeolit (kesadahan awal), mereaksikan zeolit dengan air sadah, menghitung kesadahan  air setelah direaksikan dengan zeolit (kesadahan akhir). Proses aktivasi zeolit dilakukan secara fisika dan kimia. Secara fisika dengan pemanasan, dan secara kimia dengan menggunakan  HCl. Selanjutnya zeolit digunakan untuk menjerap logam-logam penyebab kesadahan air. Variabel bebas yang digunakan adalah : massa zeolit (2, 4, 6, 8, 10 gram) dan konsentrasi HCl (1, 2, 3 M).

Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa  zeolit  alam  yang  telah  diaktivasi dengan  larutan  HCl  mampu  menjerap  logam-logam  penyebab  kesadahan  air, sehingga dapat  menurunkan tingkat kesadahan air. Nilai kesadahan turun dari 351,068 menjadi 75,068. Kemampuan penjerapan maksimal zeolit yang diperoleh dari penelitian  ini sebesar 130,285 mg/L pada konsentrasi HCl 2M dan massa zeolit yang digunakan 8  gram.  Hasil analisis IR menunjukkan bahwa dengan perlakuan asam padatan zeolit lebih bersih dari pengotor sehingga pori-pori zeolit lebih  terbuka  dan  kemampuannya  dalam  menjerap   logam-logam  penyebab kesadahan air juga besar. Begitu pula dengan penggunaan massa zeolit, semakin banyak  massa  zeolit  yang  digunakan  maka  jumlah  ion-ion  yang  terjerap  pun semakin besar. Sedangkan pada hasil analisis X-ray menunjukkan tidak terjadi perubahan struktur padatan secara signifikan akibat perlakuan asam.

Kata kunci : Zeolit alam, aktivasi, penjerapan, air sadah.
Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar