Sabtu, 04 Agustus 2012

Keefektifan Penerapan Pendekatan Pakem Dengan Media Cd Pembelajaran Dalam Pembelajaran Matematika Sub Materi Pokok Keliling Dan Luas Lingkaran Pada Siswa Kelas Viii Smp Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri (A2)

BAB I
PENDAHULUAN
 
A. Latar Belakang Masalah

Dalam  suatu  proses  belajar  mengajar  peran  guru  di  sekolah  sangat dibutuhkan  dalam membantu  siswanya  untuk  mencapai  hasil  belajar  yang optimal (Darsono, 2000: 1). Tidak terkecuali pada matematika, saat ini masih banyak  siswa  yang  beranggapan  bahwa  mata pelajaran  matematika  sulit dipahami, bersifat abstrak, menjemukan dan  membosankan, sehingga tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan dalam memahaminya.

Dari  kesulitan  siswa  dalam  mempelajari  matematika,  terlihat  bahwa pelajaran  itu sangat bergantung  bagaimana  cara  guru  mengajarkan  mata pelajaran yang bersangkutan kepada siswa. Guru dapat mengubah rasa takut anak terhadap pelajaran     matematika,  dengan     mengusahakan  dalam penyampaian materi   pelajaran membuat  siswa     senang,       sehingga membangkitkan  motivasi  siswa,  keaktifan  serta  keterampilan  proses siswa dalam        mengikuti     pelajaran.   Banyak    cara     bagi      seorang           guru      untuk menyampaikan materi pelajaran yang akan membuat siswa  merasa  senang, diantaranya adalah dengan menggunakan pendekatan yang tepat dan dibantu dengan adanya media yang mendukung kegiatan belajar mengajar.


Berdasarkan hasil  wawancara  dengan  guru  matematika  SMP  Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri, di SMP tersebut belum memanfaatan multimedia komputer sebagai media pembelajaran matematika. Model pembelajaran yang sering digunakan  adalah  model pembelajaran  yang  bersifat  konvensional. Rata–rata  hasil  belajar siswa pada mid semester I adalah 60. Hasil tersebut tentu masih jauh dari  yang diharapkan. Selain itu juga masih banyak siswa yang  menganggap  mata  pelajaran  matematika  sebagai  beban  dan merasa kesulitan dalam belajar matematika. Kecemasan  seperti inilah yang sangat mempengaruhi terhadap mental siswa dalam belajar matematika,  yang pada akhirnya  orangtua   dan   siswa   sendiri   memaklum jika   prestasi   belajar matematikanya rendah.
Materi keliling dan luas lingkaran merupakan salah satu materi dalam matematika yang memuat prinsip dan hitungan, memerlukan pemahaman yang berlebih.  Hal  itu  akan  membuat  siswa  merasa  jenuh  dan  bosan  dalam mengikuti   proses   pembelajaran.  Penyampaian   materi   keliling   dan   luas lingkaran di sini dibuat agar siswa merasa senang dan tidak bosan dalam proses pembelajaran, yaitu dengan menggunakan pendekatan  PAKEM yang merupakan suatu pendekatan pembelajaran di mana proses belajar  mengajar yang dilakukan akan berjalan efektif dengan siswa dan guru yang aktif serta bisa  mengembangkan  kreativitasnya sehingga  menciptakan     suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi guru maupun siswa (Masjudi, 2001). Melalui  pendekatan  PAKEM dalam pembelajaran  matematika  siswa  dapat menggunakan secara aktif serta dapat mengembangkan  kreativitasnya untuk mencapai hasil belajar yang baik.

Proses belajar  mengajar  dilengkapi  dengan  menggunakan  media  yang telah   dirancang  dan   dibuat   dengan   memanfaatkan   teknologi   komputer kemudian dijadikan dalam bentuk compact disk (CD) biasanya berupa CD pembelajaran   yang  dalam  penyampaian materi  akan  lebih  terorganisasi, bersemangat dan hidup, serta memudahkan guru dan siswa untuk melakukan proses belajar mengajar. CD pembelajaran ini suatu tugas yang terstruktur dan merupakan materi yang belum diajarkan sebelumnya.  Pembelajaran dengan menggunakan CD tersebut diharapkan akan dapat memotivasi siswa  untuk belajar,  karena dapat  menampilkan  penyajian  materi  secara  menarik  dan informatif.  Selain  itu  dalam mempelajari  materi  dan  berlatih  soal-soal matematika   menggunakan  CD  Pembelajaran memungkinkan  siswa  untuk dapat   belajar   dan   berlatih   dalam   suasana  menyenangkan  (fun tanpa meninggalkan tujuan pembelajaran, sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai. Dengan menggunakan media CD pembelajaran ini diharapkan proses   pembelajaran   jadi   lebih   aktif   dan   siswa   lebih   terampil   dalam memecahkan masalah yang dihadapi.
Dari uraian di atas, maka penulis ingin mengadakan penelitian dengan judul.“Keefektifan Penerapan  Pendekatan  PAKEM  dengan  Media  CD Pembelajaran   Dalam Pembelajaran  Matematika  Sub  Materi  Pokok Keliling dan Luas Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri.”

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar