BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Dalam suatu proses belajar mengajar peran guru di sekolah sangat dibutuhkan dalam membantu
siswanya
untuk
mencapai hasil belajar yang optimal (Darsono, 2000: 1). Tidak terkecuali pada matematika, saat ini masih banyak siswa yang
beranggapan
bahwa
mata pelajaran
matematika
sulit
dipahami, bersifat abstrak,
menjemukan dan membosankan,
sehingga tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan dalam memahaminya.
Dari kesulitan siswa
dalam
mempelajari matematika, terlihat bahwa pelajaran itu sangat bergantung
bagaimana
cara
guru mengajarkan
mata pelajaran yang bersangkutan kepada
siswa. Guru dapat
mengubah rasa takut anak terhadap pelajaran matematika, dengan mengusahakan dalam penyampaian materi pelajaran membuat siswa senang, sehingga membangkitkan motivasi siswa, keaktifan serta
keterampilan proses siswa dalam mengikuti pelajaran. Banyak cara bagi seorang guru untuk menyampaikan
materi pelajaran yang akan membuat siswa merasa
senang,
diantaranya adalah dengan
menggunakan pendekatan yang tepat dan dibantu
dengan adanya media yang mendukung kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan hasil
wawancara dengan
guru
matematika SMP Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri, di SMP tersebut belum memanfaatan multimedia komputer sebagai
media pembelajaran matematika. Model pembelajaran
yang sering digunakan
adalah
model pembelajaran yang bersifat konvensional. Rata–rata hasil
belajar siswa pada mid semester I adalah 60. Hasil tersebut tentu masih jauh dari
yang diharapkan. Selain itu juga masih banyak siswa yang menganggap mata
pelajaran
matematika sebagai beban dan merasa kesulitan dalam belajar matematika.
Kecemasan seperti inilah
yang sangat mempengaruhi terhadap
mental siswa dalam belajar
matematika, yang
pada akhirnya orangtua dan
siswa
sendiri
memaklumi jika prestasi belajar
matematikanya rendah.
Materi keliling dan luas lingkaran merupakan salah satu materi dalam
matematika yang memuat prinsip dan hitungan, memerlukan pemahaman yang berlebih. Hal itu
akan membuat siswa merasa
jenuh
dan
bosan
dalam
mengikuti proses
pembelajaran. Penyampaian materi keliling dan
luas lingkaran di sini dibuat agar siswa merasa senang dan tidak bosan
dalam proses pembelajaran, yaitu dengan menggunakan pendekatan PAKEM yang merupakan suatu
pendekatan pembelajaran di mana proses belajar
mengajar
yang dilakukan akan berjalan efektif
dengan siswa dan guru yang aktif serta bisa mengembangkan kreativitasnya sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi guru maupun
siswa (Masjudi, 2001). Melalui pendekatan
PAKEM dalam pembelajaran matematika siswa dapat menggunakan secara aktif serta dapat mengembangkan
kreativitasnya untuk
mencapai hasil belajar yang baik.
Proses belajar mengajar
dilengkapi
dengan
menggunakan
media yang telah dirancang dan
dibuat
dengan
memanfaatkan
teknologi komputer kemudian dijadikan dalam
bentuk compact disk (CD) biasanya
berupa CD pembelajaran yang dalam penyampaian materi akan lebih terorganisasi, bersemangat dan hidup,
serta memudahkan guru dan siswa
untuk melakukan proses belajar mengajar. CD pembelajaran ini suatu tugas yang terstruktur dan merupakan materi yang belum diajarkan sebelumnya.
Pembelajaran dengan menggunakan CD tersebut diharapkan akan dapat memotivasi
siswa untuk belajar, karena dapat
menampilkan
penyajian materi
secara
menarik dan informatif.
Selain
itu
dalam mempelajari
materi dan berlatih soal-soal matematika
menggunakan
CD
Pembelajaran memungkinkan
siswa
untuk
dapat belajar
dan
berlatih dalam
suasana menyenangkan (fun)
tanpa meninggalkan tujuan pembelajaran, sehingga siswa tidak merasa bosan dalam
mengikuti proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran
yang telah ditentukan dapat tercapai. Dengan menggunakan media CD pembelajaran
ini diharapkan proses pembelajaran jadi
lebih
aktif dan
siswa
lebih
terampil dalam memecahkan masalah
yang dihadapi.
Dari uraian
di atas, maka penulis ingin
mengadakan penelitian dengan judul.“Keefektifan Penerapan Pendekatan PAKEM dengan Media CD
Pembelajaran Dalam Pembelajaran
Matematika Sub
Materi Pokok Keliling dan Luas Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Pangudi Luhur
Giriwoyo Wonogiri.”
Cara Downloadnya silahkan klik DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar