Rabu, 08 Agustus 2012

Forecasting Jumlah Penerimaan Pajak Penghasilan Pasal 21 Tahun 2005 Di Kantor Pelayanan Pajak Tegal Dengan Metode Exponential Smoothing (D7)

ABSTRAK
 
Pajak merupakan sumber penerimaan negara terbesar yang digunakan untuk membiayai penbangunan dan pengeluaran rutin negara, karena 80% APBN diperoleh dari pajak. Kantor  Pelayanan Pajak senantiasa berupaya mencari wajib pajak baru untuk  dijadikan  sebagai  subyek  pajak,  salah  satunya  dapat  dilihat dari  jumlah penerimaan Pajak Penghasilan pasal 21. Metode statistika sebagai salah satu cabang dari matematika sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan secara ekonomis, baik di perusahaan-perusahaan maupun di kantor-kantor instansi., diantaranya adalah untuk keperluan forecasting (peramalan). Metode ramalan Exponential  Smoothing merupakan salah satu metode peramalan data berkala (time series) yang digunakan sebagai model dalam ramalan.


Permasalahan   dalam   Tugas   Akhir   ini   adalah   berapakah   prediksi   atau peramalan jumlah penerimaan Pajak Penghasilan pasal 21 pada bulan Agustus 2005 ? Tujuanya adalah untuk mengetahui prediksi atau peramalan jumlah penerimaan pajak penghasilan pasal 21 pada bulan Agustus 2005
Pengambilan data dilakukan denngan observasi pada bulan Agustus 2004 di Kantor  Pelayanan Pajak (KPP) Tegal. Data yang di ambil adalah data peneriman pajak penghasilan pasal 21 tahun 2002, 2003 dan 2004. Setelah itu dilakukan analisis data  untuk  menentukan  metode  exponential  smoothing  mana  yang sesuai  untuk forecasting data tersebut.

Untuk  melihat  pola  data  penerimaan  pajak  dari  data  yang  tersedia  di gambarkan  pada  scatter diagram  dan  dicari  persamaan  garis  yang  paling  dekat menghampiri  titik-titik  di   dalam  diagram tersebut.  Kemudian  memilih  metode eksponential smoothing yang tepat  berdasarkan pola yang didapat dari ketiga jenis metode exponential smoothing yang ada. Setelah  dilakukan analisis ternyata data berpola musiman, maka untuk forecasting penerimaan Pajak  Penghasilan pasal 21dipilih metode triple exponential smoothing   dengan α  = 0.1 diperoleh nilai mean absolut error  paling  kecil.  Diperoleh  forecast  untuk  bulan  Agustus  2005  adalah Rp.3.607.503.088,-.

Saran yang diberikan adalah hendaknya Kantor Pelayanan Pajak Tegal untuk meramal jumlah penerimaan Pajak Penghasilan pasal 21 dengan menggunakan triple exponential smoothing dengan α = 0,1 .

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar