Rabu, 08 Agustus 2012

Analisis Tenaga Berkurang Pada Mesin Mitshubishi Diesel L. 300 (D5)

ABSTRAK

Analisis   Tenaga   Mesin   Berkurang   Pada   Mesin Mitshubishi Diesel L 300. Proyek Akhir. Jurusan Teknik Mesin. Program Studi D3 Teknik Mesin. 

Garis besar laporan proyek akhir ini membahas tentang prinsip kerja motor Diesel empat tak dan kerusakan pada bagian mesin tentang analisis tenaga mesin berkurang pada mesin Mitshubishi Diesel L 300 dimana konstruksi mesin Mitshubishi Diesel L 300 sama dengan mesin Diesel pada umumnya.
Mesin  yang digunakan pada mesin Mitshubishi Diesel L 300 merupakan suatu rangkaian  komponen  (sistem)  yang  sangat  penting,  yaitu  sistem  yang mengubah panas  yang  dihasilkan  dari  proses  pembakaran  kemudian  diubah menjadi   kerja melalui  mekanisme  dengan  gerak  translasi  lurus  bolak-balik (reciprocal) dari torak (piston) menjadi gerak putar (rotasi) pada poros engkol.
Keausan  pada  komponen-komponen  mesin  seperti  torak  (piston) aus, pegas torak (piston  ring)  aus,  dinding  silinder  aus  dan  lain  sebagainya  akan membuat tenaga mesin berkurang karena tekanan kompresi bocor melewati celah antara  silinder  dan dinding  silinder  dan  minyak  pelumas  dari  panci  minyak pelumas bocor ke ruang bakar yang menyebabkan kerak didalam ruang bakar.

Gangguan  tenaga  mesin  berkurang  dapat  diatasi  dengan  melakukan pengamatan,  perbaikan,  dan  penggantian  komponen  mesin  yang  sudah  aus. Keausan  komponen mesin yang melebihi batas harus diganti dengan komponen yang baru dan jika masih didalam batas diperbaiki.
Simpulan yang dapat diambil dari laporan proyek akhir ini adalah mesin (engine) terdiri  dari  beberapa  komponen  seperti   torak (piston),  pegas  torak (piston ring), mekanisme katup (valve mekanism) dan lain sebagainya. Komponen pada  mesin akan mengalami keausan oleh sebab itu harus dilakukan perawatan dan juga penyetelan pada komponen-komponen mesin secara teratur. Saran-saran yang diberikan  adalah melakukan perawatan   mesin dan penyetelan komponen- kompoenen   pada    mesin    dengan   cara  pemeriksan   secara   visual   maupun pengukuran pada komponen-komponen mesin yang harus diperbaiki atau diganti.

Kata kunci : Analisis tenaga mesin berkurang, tune up, Mitshubishi Diesel L 300.

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar