Rabu, 08 Agustus 2012

Pembuatan Busana Panggung Dengan Sumber Ide Buah Naga ( Hylocereus Undatus ) (D12)


ABSTRAK
PEMBUATAN BUSANA PANGGUNG DENGAN   SUMBER   IDE   BUAH   NAGA   (HYLOCEREUS   UNDATUS), Teknologi  Jasa  dan  Produksi  Busana  D3,  Fakultas  Teknik,  

Busana adalah segala sesuatu yang dikenakan seseorang mulai dari ujung rambut sampai  ujung  kaki,  sedangkan  Busana  panggung  adalah  busana  yang digunakan pada saat  pentas di panggung sebagai penutup tubuh juga sebagai penarik  simpati  penonton atau  dapat  sebagai  promosi  busananya.  Buah  Naga (Hylocereus  Undatus)  adalah tanaman  buah  yang  buahnya  berwarna  merah terang, bersisik hijau dan tumbuh di batang bersegi tiga yang  mejulur  panjang, bulat mengerucut dengan batang segitiga yang tak lazim, segi empat atau bahkan banyak segi. Tubuhnya dihiasi banyak duri seperti lidah. Keunikan bentuk dan warna  alaminya menjadikan buah ini sebagai sumber ide desain busana. Oleh karena keunikan  bentuknya, penulis mencoba untuk menggunakan buah Naga sebagai sumber ide pembuatan  busana panggung dalam bentuk busana muslim, karena penulis sadar bahwa sekarang ini mode  busana panggung yang terbuka lebih dominan dalam pemakaiannya, sehingga penulis ingin  membuktikan jika busana panggung dengan sumber ide buah Naga dalam bentuk busana  muslim juga dapat memberikan tampilan yang indah, unik, dan cantik.
Proses  pembuatan  busana  panggung  dengan  sumber  ide  buah  naga meliputi, membuat  desain,  menyediakan  alat  dan  bahan,  mengambil  ukuran, membuat pola, membuat  rancangan bahan dan harga, meletakkan pola di atas bahan,   menggunting sesuai pola,  memberi tanda jahitan, mengepas I, menjahit diantaranya  blus,  rok  dan ponco,  finishing,  mengepas  II, hasil  jadi  busana panggung.
Hasil yang harus diperhatikan dalam pembuatan busana panggung dengan sumber  ide buah  naga  ini  adalah  model  yang  cukup  unik  yang  layak  tampil dengan penggunaan pola praktis, sedangkan bahan yang digunakan adalah kain glassnod dan beberapa bahan pembantu.  Perawatan busana ini menggunakan sistem pencucian dry cleaning.
Kesulitan yang       dihadapi adalah      saat        pemasangan               payet,    karena pemasangannya pada langkah akhir, maka pemasangan payet pada kain utama yaitu pada  rok,  ponco,  blus  dan  lengan  tidak  boleh  menembus  furing,  jadi diperlukan ketelitian dan kesabaran yang cukup agar hasil bisa maksimal. Jumlah keseluruhan biaya Rp. 860.000,- dengan memerlukan waktu 1 bulan.

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar