Rabu, 08 Agustus 2012

Analisa Sistem Pengisian ( Charging System) Baterai Nissan Sunny (D9)

ABSTRAKS

 Analisa  Sistem Pengisian ( Chargimg System ) Baterai NISSAN SUNNY


Pemakakian   mesin   yang   terus   menerus   menyebabkan   listrik   yang tersimpan dalam baterai mengalami pengurangan bahkan habis. Sistem pengisian bekerja dengan mensuplai kembali listrik yang telah digunakan oleh mesin. Pada NISSAN SUNNY menggunakan sistem pengisian dengan IC Regulator. IC Regulator berfungsi untuk melakukan pengaturan tegangan output alternator dengan mengatur arus field yang masuk ke rotor coil yang mana pemutusan arus dilakukan oleh IC.
Prinsip pembangkitan listrik oleh alternator yaitu dengan pemutusan garis- gaya magnet  yang  di  hasilkan  oleh  rotor  coil  oleh  penghantar  yang  berputar bersama  rotor kemudian  membentuk  garis  gaya  listrik.  Garis-gaya  listrik  di seaarahkan  oleh  dioda sebelum  di  alirkan  ke  baterai.  Komponen-komponen alternator anatara lain stator berfungsi sebagai pembangkit listrik oleh stator coil, Rotor berfungsi sebagai penghasil medan magnet oleh rotor  coil, IC Regulator sebagai  pengatur  tegangan,  dioda  sebagai  penyearah  arus  dan  bodi  alternator sebagai dudukan rotor dan stator.

Indikasi kerusakan yang terjadi pada sistem pengisian NISSAN SUNNY antara lain :  (1) Lampu peringatan bekerja tidak normal ,meliputi lampu tidak menyala pada saat kunci  kontak ON, lampu tidak mati pada saat mesin hidup, lampu menyala reduppada saat mesin hidup, lampu kadang-kadang menyala pada saat mesin hidup. (2) Baterai lemah meliputi tidak dapat memutar mesin dengan motor starter dan lampu redup. (3) pengisian terlalu besar , (4) Suara tidak normal yang berasal dari alternator dan stati c pada radio.

Cara Downloadnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar